Saturday, September 13, 2008

Donat Kentang

Beberapa kali coba buat sendiri belum pernah dapat yang sesuai keinginan, sampai akhirnya nyoba pake resepnya Pak Sahak…. berhasil… berhasil…. hehehe… enak empuk banget. Pertama kali nyoba bikin ½ resep, tapi waktu ngulenin masukin airnya kebanyakan, jadi harus ditambah terigu lagi…. walau masih lengket ditangan langsung aku proofing aja takut kebanyakan nambahin terigu jadi bantet, tapi Alhamdulillah jadi juga. Terus saat bikin untuk yang kedua kali, resepnya aku modif dikit biar gampang menimbang dan mengukurnya dan nggak semua adonan aku goreng….. jadi setelah proofing adonan dibagi dua, yang satu di bentuk lalu digoreng, yang kedua aku masukin dalam plastik lalu masuk freezer…. dua hari kemudian baru aku goreng, masih enak tuh… rasa asam yang aku perkirakan akan keluar karena adonannya over fermented ternyata nggak ada sama sekali J rasanya masih fresh seperti baru bikin….. Jadi besok-besok kalo mau sarapan donat kentang hangat, gampang… ngulenin aja sore atau malam sebelumnya trus masukin freezer deh, lumayan… abis capek ngulenin bisa tidur dulu, maklum masih manual… hehehe…

Ini resepnya ya kalo pada mau coba bikin….. udah aku konversi jadi ½ resep

Donat Kentang
Recipe by Pak Sahak, modified by Ely

Bahan:
375 gr Terigu Protein Tinggi [Versi Ely: 400gr]
125gr Terigu Protein Sedang [Versi Ely: 100gr]
125gr Kentang Kukus, haluskan
½ bks Fermifan
50gr Susu Bubuk [Versi Ely: tidak pakai]
125gr Gula Halus [Versi Ely: 125gr gula pasir]
1sdt Garam [Versi Ely: tidak pakai]
1sdt Baking Powder [Versi Ely: tidak pakai]
1sdt Bread Improver [Versi Ely: tidak pakai]
4btr Kuning Telur [Versi Ely: 1btr telur utuh]
75gr Margarin
250cc Air Es [Versi Ely: 150cc susu cair dingin]

Cara membuat:
Campur semua bahan kering jadi satu lalu aduk sampai rata.
Masukkan telur aduk sampai rata.
Tuang susu cair secara bertahap sambil menguleni.
Masukkan margarine, lalu uleni lagi sampai kalis.
Bulatkan adonan, tutup dengan lap lembab dan diamkan selama 30 menit.
Timbang adonan dan bentuk lalu lubangi tengahnya dengan jari, goreng dengan api sedang sampai berwarna kecoklatan.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails