Monday, May 11, 2009

Telur Sambo' A.K.A. Telur Dadar aLa Resto Padang


Bikin telur dadar kan gampang banget ya... tapi, percaya atau nggak aku butuh waktu 5 tahun untuk bisa bikin telur dadar yang tuebel yang kaya' di Resto Padang.


Berbagai resep udah dicoba, dari yang ditambah tepung terigu, tepung beras, pake' daun bawang buanyak, pake' telur bebek.... tetep aja nggak nemu yang passs.... kalo nggak tengahnya bantet alias berasa tepungnya, telurnya masih cair ditenggah atau gosong.... si Abi, sang pemberi tugas, sampe udah males duluan kalo suruh nyobain.... hiks... Sampe suatu saat, tepatnya Idul Fitri tahun lalu, kita silaturahim ke rumah Paman, biasa lah kalo orang Padang bertamu harus makan istilahnya baso' kalo nggak salah (cmiiw), nah salah satu telur dadar ini.... ahh pucuk dicinta ulam tiba.... jadi deh aku berguru pada beliau dan ternyata ini juga jadi lauk favorit dirumahnya lho...

Aku share resepnya ya... siapa tau cocok... resepnya simple, buatnya gampang... critical point-nya pada saat masaknya.... nggak perlu ditambahin daun bawang, karena ini yang bikin basah, terus nggak harus pake' telur bebek... telur ayam juga jadi koq.
Oh iya... nama Sambo' dapat dari kata Sembab alias Bengkak.

Telur Sambo'
Recipe by: Datuk Zu

Bahan:
4 butir Telur (boleh telur ayam semua, campur telur bebek, atau telur bebek semua. Terserah deh, pokoknya yang ada didapur aja)
5 siung Bawang Merah, iris tipis
3-5 buah (atau sesuai selera) Cabe Merah, iris tipis/haluskan
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Penyedap (optional)
5 sdm Minyak Goreng

Cara buat:
- Campur telur dan bumbu, dikocok lepas, sisihkan

- Panaskan minyak dalam wajan cekung dengan api besar hingga berasap
- Masukkan telur, kecilkan api hingga posisi terkecil

- Masak telur hingga sisi bawah kecoklatan, sambil sesekali di tusuk dengan garpu, lalu balik dan masak hingga matang.



Silahkan dicoba sendiri, kalo udah... ditunggu review/commentnya....

3 comments:

tommyriantoro said...

kayaknya enak ... nih !!!

mmm...

sari said...

Ups Yummy Dummy, btw kalau ditambahin tepung lagi bisa nggak ya

Fieta Ari said...

whoaaaa,,,,
Ternyata caranya simple loh..
cuman gitu, krn masaknya lama bgt, pg gedein ajj tuh kompor.. Heee..

Tapi,, walhasil..
maknyussss dah rasanya :)

Thanx resepnya

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails